IBX5980432E7F390 Cara Root Xiaomi Redmi Note 5 (Berhasil 100%) Dan Install TWRP Mudah - Mifans Indonesia

Cara Root Xiaomi Redmi Note 5 (Berhasil 100%) Dan Install TWRP Mudah


Malam Sobat, Proses Root digunakan bagi user yang ingin memiliki akses yang lebih pada ponselnya. Dan tentu saja untuk melakukan root ada cara ya sob, entah itu dengan PC atau tanpa PC. Di artikel ini  saya sediakan tutorial root untuk Xiaomi Redmi Note 5, bahan bisa didownload dibawah ya sob

Xiaomi Redmi Note 5 adalah serial Redmi terbaru yang mulai diperkenalkan kepada publik pada bulan Februari 2018 ini di India. Tepatnya yakni pada tanggal 14 Februari 2018 lalu. Pada kesempatan itu, Xiaomi langsung memperkenalkan dua varian dari Redmi Note 5, yakni Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro.

Ada beberapa perbedaan mencolok antara keduanya, seperti pada prosesor dan kamera yang dipakai. Varian Redmi Note 5 sendiri bisa dianggap sebagai rebranding dari Xiaomi Redmi 5 Plus yang diperkenalkan pada Desember 2017 lalu. Beberapa spesifikasi kunci yang terdapat pada Redmi Note 5 ialah layar yang sudah mengadopsi rasio 18:9, ukuran layar 5.9″ dan resolusinya Full HD+ (1080 x 2160).

Untuk prosesor yang dipakai, Redmi Note 5 menggunakan Snapdragon 625, octa-core berkecepatan maksimal 2 GHz serta didukung pengolah grafis Adreno 506. Selain itu, sama halnya dengan Redmi 5 Plus, ponsel ini memiliki dua varian yakni RAM 3 GB storage 32 GB dan RAM 4 GB storage 64 GB. Kamera yang digunakan pun sama, yakni kamera dengan resolusi 12 MP pada bagian belakang dan 5 MP pada bagian depan.

Kedua kamera tersebut juga dilengkapi dengan LED FLashuntuk membantu memotret dalam keadaan gelap. Ponsel Redmi Note 5 juga dilengkapi dengan sensor ingerprint yang terletak di bagian belakang case, yakni tepat di bawah kamera. Dan tentu saja ponsel ini sudah mendukung konektifitas 4G LTE di Indonesia.

Untuk mendukung segala aktifitasnya sehari – hari, Xiaomi membekali ponsel Redmi Note5 dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang dapat tahan seharian. Di India sendiri, Redmi Note5 dijual pada kisaran harga 2,1 Juta, jadi mari kita tunggu berapa harga resmi perangkat ini di Indonesia nantinya, apakah sama dengan Redmi 5 Plus yang dihargai Rp 2.199.000.

Cara Memasang / Install TWRP di Xiaomi Redmi Note 5

Karena Redmi Note 5 ini sudah mendukung untuk dapat di buka bootloadernya, akhirnya smartphone ini pun sudah mendapatkan versi TWRP sendiri. TWRP sendiri merupakan custom recovery untuk Android yang dapat digunakan untuk install/flash ROM, boot image dan lain – lainnya ke dalam smartphone sobat, secara sederhananya sobat dapat melakukan modifikasi apapun ke dalam sistem operasi Android

Sobat juga dapat melakukan proses root lewat TWRP ini, jadi jika smartphone milik sobat sudah mendukung dan diinstal TWRP atau custom recovery lainnya, maka smartphone sobat hampir dipastikan dapat di root.

Namun sebelum flash TWRP, sobat harus membuka bootloader Redmi Note 5 terlebih dahulu. Silahkan klik Cara Unlock Bootloader Xiaomi Redmi Note 5, kemudian ikuti saja instruksinya. Sobat tidak akan dapat menginstal TWRP jika bootloader masih terkunci. Selain itu, dibutuhkan juga memori eksternal atau USB OTG dalam proses ini.

Setelah bootloader sudah berhasil terbuka, download file ini sob :
Kemudian ikuti langkah – langkah dibawah ini ya sob :

Langkah #1 Mengaktifkan USB Debugging di dalam ponsel Redmi Note 5, caranya yakni:
  • Buka Settings, dan didalam Settings, scroll kebawah hingga menemukan “About Device (Tentang Ponsel)”.
  • Kemudian cari “MIUI Version” dan tekan sebanyak 7 kali hingga ada notifikasi yang menandakan bahwa Developer mode telah aktif.
  • Kembali lagi ke Settings.
  • Kali ini di dalam Settings, pilih “Additional Settings” dan cari “Developer mode”.
  • Kemudian centang / aktifkan “USB Debugging Mode”.
Langkah #2 Ekstrak file TWRP kemudian copy file recovery.img (TWRP Redmi Note 5) ke dalam folder hasil instal aplikasi Minimal ADB Fastboot yang biasanya terletak di C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot. Selanjutnya copy file Noverity.zip dan SuperSU / Magisk ke dalam sdcard atau USB OTG sobat.

Langkah #3 Sekarang reboot Redmi Note 5 milik sobat ke mode fastboot, caranya yakni pertama matikan ponsel sobat lalu tekan dan tahan tombol volume kebawah dan power selama kurang lebih 7 detik, nanti akan muncul logo fastboot.

Langkah #4 Jika sudah masuk mode fastboot, maka colokkan Redmi Note 5 Pro sobat ke PC menggunakan kabel USB, usahakan memakai kabel USB original atau kabel USB yang masih bagus kualitasnya.

Langkah #5 Selanjutnya sobat install TWRPnya dengan cara buka aplikasi Minimal ADB Fastboot dan ketik perintah berikut di dalam jendela cmd yang terbuka.
fastboot flash recovery twrp-vince.img

Langkah #6 Setelah itu reboot ponsel dengan cara ketik perintah.
fastboot boot recovery twrp-vince.img
Selamat, saat ini ponsel sobat sudah terinstal TWRP dengan baik dan benar, kemudian langkah selanjutnya adalah lakukan proses root seperti yang tertera di bawah ini.


Cara Mudah Root Xiaomi Redmi Note 5 Vince

Saya asumsikan saat ini sobat sudah selesai atau sukses memasang TWRP dan ponsel dalam keadaan masih di TWRP. Maka ikuti langkah – langkah berikut ini.

Langkah #1 Saat pertama masuk ke mode TWRP, kemungkinan ponsel Xiaomi Redmi Note 5 akan meminta password, jangan gelisah terlebih dahulu. Klik saja cancel, nanti TWRP akan membuka secara sendiri.

Langkah #2 Kemudian TWRP akan meminta ijin untuk memodifikasi sistem, jadi berikan ijin dengan cara swipe layar.

Langkah #3 Kemudian pilih menu “Install”, disana memori internal sobat akan menjadi 0, hal itu wajar. Oleh karena itu pilih “Select Storage” dan pilih memori SD Card sobat.

Note : Jika sobat menggunakan USB OTG, maka masukkan USB OTG sobat sekarang kemudian kembali ke menu TWRP dan pilih Reboot > Recovery . Selanjutnya pilih Install dan pilih “Select Storage” lalu pilih USB OTG.


Langkah #4 Kemudian pilih file Noverity yang sudah dicopy tadi. Setelah selesai flash file noverity, kembali lagi ke menu awal TWRP dan pilih “Reboot” > “Recovery”.

Langkah #5 Setelah ponsel reboot dasn masuk ke mode TWRP lagi, kali ini coba pilih “Install” dan cek apakah memori internal sobat Xiaomi Redmi Note 5 sudah kembali normal.
Jika masih 0, maka pilih Wipe > Data untuk menghapus semua data dalam memori internal sobat agar dapat digunakan lagi.

Langkah #6 Setelah memori internal kembali normal, kali ini pilih “Install” dan pilih file SuperSU atau Magisk yang sudah sobat download dan copy di SD Card / USB OTG tadi.
Setelah proses flash selesai, maka sobat akan diarahkan untuk reboot ponsel. Pilih untuk mereboot atau restart ponsel dan tunggu hingga ponsel Xiaomi Redmi Note 5 kembali menyala.

Selesai Sobat :)

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru: