IBX5980432E7F390 Cata Mengatasi Xiaomi Redmi Note 5 PRO Brick Atau Mati Total - Mifans Indonesia

Cata Mengatasi Xiaomi Redmi Note 5 PRO Brick Atau Mati Total

Sudah adakah tutorial Unbrick test point untuk Xiaomi Redmi Note 5 PRO? kalau sudah ada, bagaimana cara test pointnya dan dimana letak test pointnya? Buat kamu pengguna Xiaomi Redmi Note 5 PRO yang sedang mengalami mati total, bisa ikuti cara test point berikut ini!


Bootloop, Softbrick, Boostuck bahkan sampai dengan Hardbrick alias mati total sudah menjadi makanan sehari-hari bagi para opreker Smartphone Xiaomi. Istilahnya itu kalai belum Hardbrick berarti belum ganteng, haha.. ada-ada saja istilah yang disematkan oleh para opreker Xiaomi. Di artikel kali ini admin akan bagikan salah satu tutorial Unbrick pada Xiaomi Redmi Note 5 PRO dengan menggunakan metode test point.

Buat kamu yang belum tahu apa itu test point adalah suatu metode yang memanfaatkan 2 titik test point pada Motherboard atau PCB dari Redmi Note 5 PRO guna dihubungkan agar bisa secara paksa maksud ke mode emergency atau mode download EDL. Test point ini hanya bisa kamu temui pada Smartphone Xiaomi yang menggunakan prosesor Snapdragon dari Qualcomm seperti Redmi Note 5 Pro ini.

Umumnya test point dilakukan jika Xiaomi Redmi Note 5 PRO kamu sedang mengalami Hardbrick atau mati total. Sehingga sama sekali tidak ada opsi untuk bisa dinyalakan, bahkan disambungkan ke komputer saja sama sekali tidak terdeteksi. Nah disinilah fungsi dari test point. Buat kamu pengguna Xiaomi Redmi Note 5 PRO yang mengalami kondisi mati total bisa ikuti cara test point berikut ini.

Bahan:
- Fastboot rom Redmi Note 5 PRO di sini
- Pinset, atau kabel tembaga tunggal
- Obeng set khusus untuk hape
- Kabel USB Type-C
- Mi Flashtool dan Mi PC Suite

Caranya Dibawah ini Simak Baik2 Ya Sob :

  • Matikan Xiaomi Redmi Note 5 PRO kamu lalu cabut kartu SIM dan juga MicroSD jika ada
  • Buka bagian belakang back cover dari Redmi Note 5 PRO pick gitar atau semacamnya yang tipis dari plastik


  • Setelah terbuka back cover, buka secara perlahan dan hati-hati karena ada kabel flexibel dari Sensor Sidik Jari Redmi Note 5 PRO
  • Lepaskan baut yang menempel pada papan PCB Redmi Note 5 PRO menggunakan Obeng
  • Lepaskan sambungan kabel flexibel baterai Redmi Note 5 Pro jika diperlukan


  • Posisikan Mi Flashtool sudah dalam kondisi siap flashing > ekstrak rom fastboot yang sudah kamu ambil sebelumnya
  • Disable Windows Signature
  • Sambungkan ujung kabel USB ke komputer
  • Gunakan pinset untuk menyambungkan kedua titik test point Redmi Note 5 PRO


  • Masih di posisi test point menyatu, kamu sambungkan ujang kabel USB satunya ke Redmi Note 5 Pro
  • Buka device manager pada Windows > kemudian perhatikan pada bagian Port > jika sudah muncul qualcomm hs-usb qdloader 9008 berarti Redmi Note 5 PRO kamu sukses terdeteksi namun jika masih qualcomm hs-usb qdloader 900E atau malah tidak ada sama sekali bunyi, berarti test point belum berhasil
  • Nah jika berhasil terdeteksi > segera kamu tekan tombol Refresh pada Mi Flashtool kemudian tekan tombol Flash untuk memulai proses instalasi


  • Setelah proses flashing selesai, bisa langsung kamu cabut dan nyalakan Redmi Note 5 PRO

Sedikit catatan jika kamu tidak ingin semua data-data penting yang ada di internal memory Redmi Note 5 PRO hilang karena akibat dari proses flashing rom atau test point. Silahkan kamu buka file rawprogram0.xml menggunakan Notepad++. Kemudian hapus pada baris seperti yang ada pada gambar di bawah ini:


Kemudian simpan kembali lalu lakukan flashing seperti biasa. Setelah proses flashing dan test point tadi selesai, silahkan kamu satukan lagi dan tutup back cover Redmi Note 5 PRO.

Berlangganan Untuk Mendapatkan Artikel Terbaru: